Amsal 20, 22

Janganlah engkau berkata: “Aku akan membalas kejahatan,” nantikanlah TUHAN, Ia akan menyelamatkan engkau.

Unang dok: Ingkon marbalos bahenonku na jati! Marhaposan tu Jahowa ma ho tagonan, asa Ibana manumpak ho.

Ketika terjadi perselisihan, rasanya tidak akan puas kalau kita tidak membalaskan apa yang telah diperbuat kepada kita. Apalagi kalau kita merasa apa yang kita perbuat adalah benar, “saya nggak salah kok, dia yang mulai duluan” atau “Jangan dia kira saya diam, lalu saya nggak sanggup melawannya, tunggu pembalasanku” atau mungkin perkataan ini, “bagiku tiada maaf, cukup sudah apa yang diperbuatnya selama telah membuat hatiku tersayat-sayat”

Dalam istilah Batak ada juga istilah misalnya “ndang di ho, ndang di au, tumagon tu begu” yang kira-kira artinya, “tidak untukmu, tidak untukku, lebih baik kepada hantu” Ini diibaratkan seperti dalam sebuah persoalan di dalam memperebutkan warisan misalnya, karena tidak ada kata sepakat, terjadilah pertikaian sehingga kalau saya tidak dapat, dia juga tidak, lebih baik terbuang.

Pembalasan terhadap perlakuan yang kita hadapi kepada orang yang melakukannya adalah juga sifat jahat yang semestinya kita jauhkan dari hadapan kita. Keadaan tidak akan lebih baik kalau kita membalaskan sebuah kejahatan dengan kejahatan, atau kekerasan melawan kekerasan. Ibaratkan sebuah perang, itu sama saja kita sudah kalah duluan.

Alangkah baiknya jika kita menyerahkan kepada Tuhan jika menghadapi atau mendapat perlakuan jahat oleh orang lain. Baiklah kita bawakan dalam doa dan mohon pengampunan Tuhan, sehingga Tuhan menunjukkan jalan bagi orang tersebut. Lebih baik kita menantikan Tuhan, dan Tuhan saja yang bertindak. Tuhan juga akan menolong dan menyelamatkan kita , sehingga kita terlepas dari ancaman kejahatan orang yang merencanakan yang jahat bagi kita. Firman Tuhan mengatakan, “Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu.” (Mzm. 119: 154).

Menantikan Tuhan dalam menyelesaikan perkara kita itu sama dengan mendahulukan Tuhan di setiap apa yang kita hadapi dan Tuhan akan menyelamatkan engkau.

Doa: Ya Tuhan dan Allahku! Aku percaya Engkau adalah penyelamatku dari orang-orang yang bermaksud jahat terhadap aku.  Amin.