Hakim-hakim 10: 10 – 16

“Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!”

(Hakim-Hakim 10: 15)

Keiinginan daging dan kepentingan sesaat bisa membuat kita meninggalkan Tuhan. Dan karena kita meninggalkan Tuhan juga menyembah ilah-ilah akan mendatangkan murka Allah. Allah murka bukan semata karena kita kurang gigih menyembah Allah tetapi karena semata-mata telah berbalik kepada ilah lain dan menyembahnya. Titah pertama menyebutkan: “Akulah Tuhan Allahmu, jangan ada padamu allah lain” (Kel. 20). Seperti apa yang dilakukan orang Israel, “Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; mereka beribadah kepada para Baal dan para Asytoret, kepada para allah orang Aram, para allah orang Sidon, para allah orang Moab, para allah bani Amon dan para allah orang Filistin, tetapi TUHAN ditinggalkan mereka dan kepada Dia mereka tidak beribadah.” (Hakim 10:6). Akibatnya Allah murka.

Apa yang membuat murka Tuhan pada saat ini? Jika gereja dan anggotanya hanya mementingkan dirinya tanpa peduli dengan orang-orang tertindas dan juga masyarakat disekitarnya. Jika sesitifitas iman untuk mengasihi sesama anggota jemaat dan juga yang tidak seiman dengan kita tidak lagi ada. Jika hukum dan kebenaran berpihak kepada orang-orang kuat. Bisa saja iman kita hanya tergantung situasi demi keamanan pribadi.

Dalam situasi yang demikian kita perlu mempergumulkan iman kita kepada Yesus Kristus. Kalau memang kita merasa bahwa Allah telah murka dan menolak kita karena dosa yang telah kita perbuat, kita harus menerima itu dan dengan kerendahan berpengharapan: “Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala.” (Mzm. 25:6). “Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!” (Hakim 10:15). Janganlah menolak kami dari hadapanMu ya, Allah.

Jika manusia mengenal kekurangannya dan berbalik kepada Allah dengan ketulusan dan meninggalkan segala keinginan sesaat dan kejahatannya, maka Allah akan mengasihaninya. Allah hadir di dalam kesesakannya dan ia akan menang, menerima keselamatan dan hidup dari Allah yang Dia kerjakan di dalam Yesus Kristus. Oleh karena itu, tunjukkanlah bahwa engkau telah bertobat dan menyembah hanya kepada Allah di dalam Yesus Kristus: Menangislah kepada Allah meminta pengampunan dosa, membuka diri dan pasrah tentang apa yang akan dilakukan Tuhan terhadapmu, sebab hukum Allah itu adalah untuk membebaskan dan memberikan hidup. Tinggalkanlah segala keinginan yang jahat dan keinginan dunia ini.

Doa: Allah yang baik, Mahapengampun. Hidupku penuh dosa dan keinginan yang jahat. Sering sekali mendudakan hituMu karena tidak percaya kepadaMu dan meninggalkanMu. Ampunilah aku dan berilah kesempatan kepadaku untuk berbuat sesuai dengan kehendakMu. Amin.