2 Timoteus 2: 8

Paingotingot ma Jesus Kristus, naung dipangolu sian angka na mate, na sian pinompar ni si Daud, hombar tu na hubaritahon i.

Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.

Membaca nats ini, saya teringat syair yang tertulis dalam Kidung Jemaat No. 344: 1 “Ingat akan nama Yesus, kau yang susah dan sedih: Nama itu menghiburmu k’mana saja kau pergi. Indahlah nama-Nya, pengharapan dunia! Indahlah nama-Nya, suka sorga yang baka! Intinya, siapa yang susah dan sedih ingatlah Tuhan Yesus, maka Ia akan menghiburmu sebab di dalam Tuhan Yesus ada pengharapan.

Sama halnya dalam nats ini, Paulus mengingatkan kita supaya ingat terus menerus Yesus Kristus, karena hanya di dalam Yesus Kristus kita mendapat kekuatan (2 Tim. 2:1). Karena Yesus Kristus telah bangkit dari antara orang mati. Bangkit dari antara orang mati menggambarkan bahwa di dalam Yesus Kristus tidak ada kebinasaan. “Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia; (2 Tim. 2:11). Artinya,  jika kita terus menerus ingat kepada Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati dan percaya bahwa kita pun akan mengalami hal yang sama, maka kepercayaan ini akan memberi kekuatan yang tidak terhingga di tengah-tengah perjuangan hidup kita.

Ingatlah juga bahwa Yesus Kristus itu dilahirkan sebagai keturunan Daud. Yesus adalah sungguh-sungguh manusia, Sang Mesias yang sudah dijanjikan dalam Perjanjian Lama. Hal ini membuktikan kepada kita bahwa Kristus yang datang ke dunia ini bukanlah tubuh manusia semu. Jika Yesus Kristus hanya memiliki kemanusiaan yang semu, Ia tidak dapat menebus dosa-dosa manusia dengan kematianNya, karena Ia tidak sungguh-sungguh mati (bnd. 1 Yoh. 4: 1 – 3). Sebaliknya, Sang Mesias yang dilahirkan sebagai keturunan Daud, membuktikan bahwa Ia benar-benar mengalami penderitaan sampai kepada kematian untuk menebus kita.

Ingatlah Nama Yesus, dan percayalah maka kamu akan mendapatkan kekuatan menghadapi dunia ini. Di dalam Yesus Kristus segala sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi mungkin.

Doa: Ya, Yesus Kristus! Engkaulah sumber penghiburan dan kekuatan bagi kami. Terima kasih telah menyelamatkan kami. Kami mau hidup bersamaMu sebab di dalamMu ada kehidupan. Amin.