Psalmen 145, 17

Nabonar do Jahowa di saluhut angka dalanna jala basa di bagasan saluhut jadijadianna i.

TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Seorang pemuda menggerutu dalam hati karena dalam perjalanan pulang kerja hujan datang dengan begitu derasnya. “Bagaimana Tuhan ini, sudah capek bekerja seharian, kena siram hujan lagi” “Rumah masih jauh, basah kuyub lagi” Begitulah dia menggerutu dalam hati dan entah apalagi gerutunya dalam hati.

Di tengah perjalanan dia melihat perhentian dan di sana ada tukang bakso sedang berhenti juga. Lalu ia mampir di sana dan memesan semangkok bakso. “Pak tolong baksonya satu mangkok” Si tukang bakso pun menyediakan apa yang dipesankannya. Sementara pak bakso menyediakan baksonya si pemuda berbicara kepada tukang bangso. “Pak, menurut bapak Tuhan itu adil nggak?” “Kenapa anak menanyakan itu?” “Bapak nggak lihat?, gara-gara hujan ini saya jadi basah kuyub dan tidak bisa sampai ke rumah dengan tepat”

Si tukang bakso lalu menjawab, “nak, nak, saya juga sempat berpikir gara-gara hujan ini aku tidak bisa sampai ke tempat biasanya saya mangkal. Dan tadi juga saya sempat berpikir, siapa orang yang membeli bakso di tempat sepi seperti ini?” “Tapi itulah hebatnya Tuhan itu, seandainya tidak hujan saya tidak berhenti di tempat ini, dan Tuhan telah menyuruh engkau membeli baksoku” si pemuda lalu terdiam, berfikir dalam hati: si tukang bakso ini bisa mengucapkan kata bijak seperti itu? Sedang saya? Saya seorang berpendidikan tidak menyadari hal itu?

Tuhan memang adil dalam segala hal dan itu yang kita lihat di dalam renungan ini. Kita sendiri sebenarnya yang kurang menyadari atau terlalu cepat mengambil kesimpulan. Padahal dalam setiap perjalanan hidup kita Tuhan itu adil dan penuh kasih setia terhadap kita. Oleh karena itu sepatutnya kita beryukur, memuji dan memuliakanNya selalu.

Doa: Ya Tuhan, Engkau Mahaadil dalam segala jalanMu dan Engkau penuh kasih setia dalam setiap perbuatanMu. Kami hidup dan bisa menjalani hanya oleh karena keadilan dan kasih setiaMu. Terpujilah Engkau untuk selama-lamanya.