Kolosse 2: 10

Di bagasan Ibana sahat nang tu hamu hagogokna i; Ibana do ulu ni nasa hamuliaon dohot panggomgomion.

dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa.

Saya pernah melayani di suatu daerah. Saya mengamati bahwa di daerah tersebut masih banyak yang masih percaya dengan kekuatan-kekuatan dan kuasa-kuasa di luar Kristus. Satu contoh misalnya, jika anggota keluarga sakit, mereka memang pergi ke Rumah  Sakit, atau pun ke ahli medis untuk berobat. Tetapi pada saat yang sama juga mereka juga pergi ke dukun untuk berobat mengobati penyakit yang sama.

Pada waktu yang lain pernah seorang anak hilang, lalu dengan segera mereka pergi kepada orang yang “pintar” (na malo). Lalu orang pintar ni mengatakan bahwa ia di dalam hutan dan tidak bisa pulang karena rohnya (tondinya) di pegang oleh kekuatan hutan (begu). Mereka mencarinya sampai beberapa hari.

Lalu saya mencoba mengatakan kepada mereka. Kenapa mereka langsung percaya hal seperti itu? Coba kita selidiki dulu! Lalu saya menelusuri kejadian sebelum anak itu hilang. Diketahuilah rupanya si anak tersebut di marahi dan dipukuli oleh bapaknya di rumah sehingga oleh karena ketakutannya si anak tersebut melarikan diri. Kalau begitu saya lanjutkan lagi, jangan-jangan ia lari ke rumah keluarga? Dan benarlah ternyata ia bersembunyi di rumah Namborunya. Bukan seperti yang dikatakan orang pintar tersebut dia tersesat di hutan, sampai satu kampung sibuk mencarinya di hutan. Sampai kapan pun tentu si anak tidak akan ketemu di hutan sana.

Apa yang mau saya katakan? Bahwa kita sudah dipenuhi di dalam Kristus. Kesempurnaan kita tidak ada selain di dalam Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kita. Mengimani yang lain atau meletakkan sandaran selain Kristus tidak ada lagi. Satu-satunya keselamatan kita hanya di dalam Kristus. Dialah kepala semua pemerintah dan segala penguasa. Serahkanlah hidupmu hanya di dalam Dia.

Doa: Terima kasih Tuhan Yesus yang Mahabaik. Engkau telah menyelamatkan kami sehingga hidup kami hanya di dalam Engkau.  Amin.