Akashi-kaikyo_bridge3Sambil minum kopi saya baca koran Kompas edisi Jawa Timur. Tujuan saya untuk melihat bagaimana perkembangan Tol Jembatan Suramadu (Surabaya Madura). Diberitakan bahwa sejak Rabu (nantoari) pukul 00.00 WIB, Tol Jembatan Suramadu mulai dioperasikan alias siapa saja pengendara Tol Jembatan Suramadu akan dikenai tarif.

Sebelumnya pihak pemerintah selama satu minggu telah membuka Tol Jalan Suramadu untuk umum secara gratis. Kesempatan ini telah dipakai warga untuk menikmati Tol Jembatan Suramadu ini. Saya sendiri yang kebetulan dekat dengan lokasi jembatan sudah ke sana. Tapi karena jumlah masyarakat yang berjubel sampai antrian panjang, terpaksa putar balik.

Namun yang sangat menggelitik bagi saya dikatakan sejak dibukanya Tol Jembatan Suramadu untuk umum secara gratis, dilaporkan hilangnya sejumlah barang maupun asset jembatan terpanjang antar pulau tersebut, sehingga akan diaktifkan patroli termasuk di bawah jembatan.

Sejumlah barang yang hilang tersebut adalah 46 lampu penerang di bentang tengah jembatan, beberapa mur pagar besi, serta ditemukan beberapa guratan pisau di kabel penopang (cable stayed) Suramadu.

Minggu depan apa pula yang hilang? Jangan-jangan tiang penyangga pula yang hilang, he..he…

Advertisements