Sebuah kisah menyebutkan seorang pekerja usianya kira-kira tigapuluhan, pulang dari tempat kerjanya dengan naik sepeda motor. Di tengah perjalan pulang tersebut hujan turun dengan derasnya. “Hujan lagi, hujan lagi” ia menggerutu dalam hati. “Apa Tuhan ini tidak punya perasaan? Coba seandainya saya punya mobil, tentunya saya tidak akan basah kuyup seperti ini, oh tahe… Kenapalah hidup saya masih tetap seperti ini..”

Sedang ia menggerutu dalam hati, ia melihat sebuah perhentian, dan di sana ada seorang pak tua yang juga berhenti dengan gerobak dagangan baksonya. “Berhenti sajalah saya di sini, sepertinya enak makan bakso sambil menunggu hujan reda” Lalu ia memesan semangkok bakso.

Sambil menikmati bakso ini, si pekerja berbincang dengan tukang bakso tersebut. “pak tua, kenapa ya kok sepertinya hujan ini tidak berhenti? Lihatlah, gara-gara hujan ini saya lalu tidak bisa cepat pulang ke rumah, sepertinya Tuhan itu tidak adil ya! Kalau saya punya mobil nggak apalah. Sepertinya rejeki itu tidak milik saya, kenapa orang lain begitu berbahagia, punya mobil, harta yang banyak. Saya kok tidak seperti mereka?”

Tukang bakso menjawab: “Nak… kita tidak bisa langsung menghakimi seperti itu. Tadi saya juga sempat berpikir bahwa hujan ini akan membawa sial, sebab orang-orang lalu tidak ada yang akan membeli bakso saya. Tapi nyatanya tidak! Tuhan telah menghantarkan kamu datang kepada saya dan membeli bakso ini.”

Sejenak si pekerja tadi terdiam: “Hujan ini mungkin telah mengganggu kenyamanan saya, tapi bagi tukang bakso ini, hujan ini justru mendatangkan rejeki, bah.. kalau dipikir lagi hujan ini juga akan mendatangkan kesuburan bagi tanaman petani”

“Terima kasih Tuhan, Engkau telah memberikan hikmat di musim hujan ini. Aku hanya mementingkan diriku sendiri. Lihat saja pak tua ini, belum tentu hidupnya lebih sejahtera dari saya, tapi ia masih sempat memberikan pengertian yang menyadarkan saya”

Doa:
Ya Tuhan Allah yang Mahabaik, pada musim hujan ini, kami memohon kepadaMu kiranya hujan ini menjadi hujan berkat bagi ciptaanMu. Jauhkanlah segala bencana banjir dan longsor yang mengakibatkan korban. Terlebih berikanlah kesadaran bagi kami untuk tetap menjaga
lingkungan, berikan kesadaran supaya lami juga tidak semena-mena untuk menghabiskan segala kekayaan alam yang menyebabkan banjir. Berkatilah orang-orang yang terpaksa harus bekerja walaupun di terpa hujan demi kebutuhan hidup. Jauhkan dari mereka segala sakit-penyakit supaya mereka dikuatkan untuk tetap bekerja. Dalam Nama Tuhan Yesus, Amin.