Bahan Renungan: 2 Petrus 3: 11 – 14

Kedatangan hari Tuhan tidak bisa kita pastikan kapan waktunya, minggu depan?, Tahun depan? dll, sebab “di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari (2 Pet. 3:8). Artinya, kedatangan hari Tuhan tidak dibatasi ruang dan waktu. Kekuasaan ada padaNya dan mutlak tidak tergantung manusia. Lebih jelas lagi di katakan bahwa hari Tuhan itu tiba seperti pencuri (2 Pet. 3:10).

Namun karena itu pula orang bisa saja tidak yakin, bahkan para penganut yang tidak percaya dengan hari kedatangan Tuhan akan berkata, “Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.” (2 Pet. 3:4). Dengan bahasa lain, “emang gue pikirin, hari gene bicara kiamat? Di sinilah kita harus mencermati, bahwa sebagai orang percaya, hari Tuhan itu adalah suatu kepastian, tapi waktunya? Tuhanlah yang menentukan.

Kenapa kedatangan hari Tuhan itu seperti itu? hal itu dilakukan Tuhan untuk memberi kesempatan kepada setiap orang, dan “Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.” (2 Pet. 3:9). Bertobat memang itulah yang diinginkan Tuhan dari kita, selagi ada kesempatan, dan biarlah kesabaran Tuhan itu kita pakai sebagai kesempatan untuk beroleh selamat (2 Pet. 3:15).

Sekarang pada masa Adven kedua ini, kita sedang menantikan kedatangan hari Tuhan, dan kita juga menantikan Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus pada Natal yang semakin dekat. Lalu apakah yang harus kita lakukan? “Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.” (2 Pet. 3:14).

Berusaha berarti bukan hanya keinginan saja mau berubah, tetapi lebih pada berbuat sesuatu yang semakin hari semakin baik dari hari kemarin. Akhirnya, ketika kita mau berubah semakin baik dari hari ke hari, Tuhan juga akan datang dengan segera, dan akan mempercepat kedatangan hari Tuhan (2 Pet. 3:12). Amin.

selamat Adven