showletter9

Bahan Renungan: Yesaya 60:1-7

Sesuai dengan kalender liturgi gereja HKBP, Minggu ini kita akan memasuki minggu Adven pertama. Adven suatu terjemahan alternatif dari kata Yunani Parousia, di samping ‘kedatangan’ dalam versi bahasa Inggris, yang menunjuk pada pengharapan eskhatologis atas kedatangan Kristus sebagai hakim dunia ini pada akhir zaman (Matius 24:39). Kemudian gereja menganggap kehidupan Yesus dalam inkarnasi sebagai kedatangan pertama, dan kedatangan yang kedua akan terjadi di masa depan. Kalender gerejawi mengenai Adven kemudian berkembang sebagai masa persiapan menyongsong hari Natal dan Penghakiman Terakhir (WRF. Browning).

Dalam masa Adven ini kita di sapa dengan firman Tuhan Bangkitlah dan menjadi teranglah. Pertanyaan kita lalu Kenapa harus bangkit dan terang?

Bumi dan bangsa-bangsa telah ditutupi kekelaman dan kegelapan. Sehingga diperlukan semangat untuk bangkit dan di dalam kebangkitan itu kita memerlukan terang. Bangkit berarti tidak diam dan pasrah terhadap keadaan alias tidak membiarkan kegelapan itu yang menguasai.

Bangkit berarti tidak hanya menangisi keadaan yang sulit seperti sekarang ini, tetapi bekerja. Ada yang bangkit tapi jalan di tempat, bukan itu maksudnya tapi bergerak dan yang lebih penting berkaryalah. Dengan demikian masa depan yang lebih baik akan diberikan Tuhan melalui keuletan di dalam bekerja dan kemampuan untuk berkreasi.

Sesungguhnya Terang yang dimaksud adalah Tuhan Yesus. Ia datang dan menerangi dunia ini. Itulah juga maka kita harus menjadi terang dunia (Mat. 5:14-15). Saya pinjam istilah Pdt. T.P. Nababan, STh: Dalam kehidupan kita sehari-hari Terang itu mempunyai beberapa manfaat:

Pertama, Terang itu membuat kehangatan, misalnya kalau di Humbang apalagi di Dolok Sanggul, karena dinginnya orang-orang sangat senang berkeliling di perapian dan menghangatkan badan, demikianlah kita kiranya memberi kehangatan kepada sekitar.

Kedua, Terang itu mengusir kegelapan. Kita takut di dalam kegelapan karena di dalam kegelapanlah kejahatan bekerja. Binatang rayap kalau di di jemur di terik matahari akan mati, demikian juga dengan terang yang kita bawa biarlah itu mematikan kejahatan dalam kegelepan.

Ketiga, Terang itu menjadi kesembuhan. Kita tahu bahwa sinar laser itu sangat berguna bagi dunia medis sebagai alat operasi, memecah batu ginjal dll. Anak yang lahir prematur biasanya akan dimasukkan dalam inkubator. Jadi kalau dikatakan menjadi teranglah, itu juga berarti bahwa kita hendaklah kita menjadi penyembuh-penyembuh yang terluka, sehingga virus kejahatan akan mati oleh karena terang yang kita bawa.

Selamat Adven!