Heber 13: 8

Ia Jesus Kristus, songon i nantoari, songon i sadari on, laos i do ro di salelenglelengna!

Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Manusia bisa berubah, saudara juga, saya bahkan kadang-kadang sering merubah apa yang sudah saya putuskan sehingga orang yang disamping saya dan yang ada disekitar saya bisa menjadi sakit hati oleh perubahan yang saya perbuat. Tetapi Yesus Kristus? Tidak pernah berubah, Ia tetap sama baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. Dialah Alpa dan Omega yang tidak bermula dan tidak berakhir (Why. 1:8; 21:6; 22:13).

Oleh karena itu janganlah kendor kesetiaanmu, ketaatanmu, perbuatan baikmu dan segala perbuatan yang dikehendaki Tuhan untuk kita lakukan. Sebagaimana dikatakan dalam ayat sebelumnya, “Peliharalah kasih persaudaraan” (Ibr. 13:1) karena Yesus Kristus telah lebih dulu mengasihi kita (Yoh. 3: 16), dan bahkan sampai mati di kayu salib untuk menyelamatkan kita. Janganlah kendor dalam hal memberi tumpangan kepada orang lain, mengingat orang-orang hukuman dan orang-orang yang diperlakukan dengan sewenang-wenang (Ibr. 13: 3).

Menghormati perkawinan dan jangan mencemarkan tempat tidur sebab Alllah akan menghukum orang-orang sundal dan pezinah (Ibr. 13: 4). “Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” (Ibr. 13:5). Mencontoh iman para pemberita Injil, tidak dicemarkan oleh berbagai ajaran sesat dan berbagai hal sekali lagi yang dikehendaki Allah untuk kita lakukan.

Mengapa kita ragu melakukan apa yang diperintahkan Tuhan untuk kita lakukan? Sebab kita kurang yakin bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang sama yang tetap mengasihi, menguatkan dan menolong kita dari dulu, sekarang dan selama-lamanya. Mengapa kita takut untuk mengasihi? Padahal Yesus Kristus telah mengasihi kita lebih dulu? Mengapa kita menjadi hamba uang? Bukankah firman Tuhan telah mengatakan bahwa “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”? (Ibr. 13: 5)

Berkali-kali bahkan saya akan katakan “Janganlah kendor” sebab Yesus Kristus akan selalu ada untuk kita.

Doa: Ya Yesus Kristus Tuhan kami, Engkau adalah Tuhan yang sama untuk selama-lamanya yang selalu mengasihi kami. Kuatkan kami untuk tidak menjadi kendor untuk berlaku sesuai dengan yang Engkau kehendaki.  Amin.

About these ads